laman

Minggu, 24 Juni 2012

Kepada seseorang yang sedang dilanda masalah

gambar : http://formybeautifullove.blogspot.com

Kepada seseorang yang sedang dilanda masalah,

Kenapa begitu sedih dan terpuruk? Bukankah kau tidak sendirian? Bukankah di luar sana ada banyak orang yang mengalami hal yang sama? Bahkan lebih dari masalah yang engkau hadapi.


Masalah bukan milikmu pribadi. Ada banyak orang yang mengalami hal yang sama. Bahkan ada Allah yang Maha Besar melebihi besarnya masalahmu. Yang memberimu ribuan nikmatnya setiap hari. Yang mengirimkan orang-orang yang mencintaimu. Orang-orang yang mau menangis bersamamu. Ingatkah engkau pada janji Allah?



"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya....." (Q.S Al-Baqarah : 286)



Begitulah... Jika masalahmu saat ini begitu besar, engkau pastilah memiliki kesanggupan yang begitu besar pula. Engkau pastilah orang yang kuat. Karena Allah lebih mengetahui dirimu dibandingkan dirimu sendiri. Allah lebih mengetahui apa-apa yang baik untuk dirimu sedang engkau tidak. Engkau hanya mengikuti apa yang menjadi keinginanmu. Tanpa mengetahui apakah keinginan itu baik atau buruk untukmu. Seperti yang difirmankan Allah dalam Q.S Al-Baqarah : 216,



".....Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui." (Q.S Al-Baqarah : 216)



Begitulah kita manusia, menganggap Allah menyayangi kita jika Dia memberikan semua yang kita inginkan. Padahal apa yang kita inginkan belum tentulah yang terbaik untuk kita.



Kau ingat, ada ribuan hikmah dibalik setiap masalah yang datang. Karena dengan masalah engkau dapat menjadi lebih bijaksana, dapat melembutkan hati, menyadarkan kesalahan-kesalahan, mengetahui kekuatan dirimu, dan tentunya lebih mendekatkan dirimu kepada Allah. Menyadarkanmu untuk kembali berharap hanya kepada Allah. Karena pengharapan kepada Allah tidak akan membuahkan kekecewaan. Allah selalu menepati janji-Nya. Manusia saja yang tidak percaya akan janji-janji-Nya. Allah selalu baik kepada setiap hamba-Nya walaupun Dia tidak membutuhkan hamba-Nya.




Kepada seseorang yang sedang dilanda masalah,

Jadikanlah Allah satu-satunya tempat berharap. Janganlah salahkan Allah atas masalah yang engkau alami. Ketahuilah bahwa musibah apapun yang melanda diri kita adalah akibat kesalahan kita sendiri.


"“Dan musibah apa saja yang menimpa kalian, maka disebabkan oleh perbuatan tangan kalian sendiri, dan Allah mema’afkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)” (Qs. Asy-Syuura: 30)



Subhanallah...

Tidaklah Allah menzalimi kita tapi kitalah yang menzalimi diri kita sendiri.



*Ditulis untuk mengingatkan aku, kamu dan kita semua :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...