laman

Minggu, 04 November 2012

Mengenal Reaksi Fisi dan Fusi

Reaksi Fisi (kiri) dan Reaksi Fusi (kanan)



·       REAKSI FISI

Salah satu jenis reaksi nuklir disebut reaksi fisi. Reaksi fisi terjadi ketika sebuah neutron mengahantam sebuah inti besar, memecahnya menjadi dua unsur baru atau lebih dengan inti yang lebih kecil. Secara umum, persamaan untuk reaksi fisi adalah sebagai berikut :
 
Unsur W ditembaki dengan sebuah neutron (n) dan menghasilkan dua unsur baru, X dan Y, serta lebih banyak neutron. Seperti sebelumnya, bilangan “a” dan “z” menunjukkan massa atom dan nomor atom. (massa atom neutron adalah 1 dan nomor atomnya adalah 0).
Tidak seperti reaksi kimia, yang menciptakan ikatan di antara unsur-unsur yang berbeda, reaksi fisi benar-benar menciptakan unsur baru. Reaksi fisi juga melepaskan banyak kalor dan beberapa neutron. Neutron-neutron ini kemudian bebas menembaki inti radioaktif lainnya dan memulai lebih banyak reaksi fisi. Ini disebut reaksi berantai. Reaktor nuklir di pembangkit listrik mengendalikan reaksi berantai tersebut sehingga kalor dan radiasi dilepaskan secara perlahan dan aman.

·       REAKSI FUSI

Reaksi fusi adalah kebalikan dari reaksi fisi. Reaksi fusi menggabungkan dua inti kecil untuk menciptakan sebuah inti besar dan melepaskan banyak energi. Reaksi fusi sangat sulit dimulai karena membutuhkan energi yang sangat besar untuk memulainya.
Satu tempat yang menjadikan reaksi fusi terjadi secara terus-menerus adalah di dalam matahari. Matahari mengubah atom-atom hidrogen menjadi helium melalui reaksi fusi, dan melepaskan energi yang menyinari dan menghangatkan planet kita.
Di bumi, para ilmuwan telah mencoba dengan berbagai cara untuk membangkitkan tenaga dari reaksi fusi. Karena membutuhkan begitu banyak energi untuk memulai, reaksi tersebut tidak mudah untuk diteliti. Reaktor fusi sedang dibangun untuk menguji apakah memungkinkan untuk melepaskan lebih banyak energi dari reaksi fusi daripada energi yang ditambahkan untuk memulainya. Jika ini berhasil, reaksi fusi bisa menjadi sumber tenaga baru yang sangat berguna.

Sumber : materi kimia volume 3 reaksi kimia (oleh : Krista West)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...